Headlines News :
Home » , , » Sesajen Buat Kuda Lumping

Sesajen Buat Kuda Lumping

Written By Bahrun Ali Murtopo on March 31, 2012 | 3/31/2012

Pasti kawan tak asing mendengan yang nama kuda lumping yang sudah menjadi seni tradisional asli jawa, yang penuh misti atau kejawean orang lebih dekat mengenal.


Karean di acara kuda lumpung tak terlepas yang namanaya sesajen sebagi sarat utama, bila mau bermain atau magung di acara-acara,  yang nama sesajen itu wajib harus ada dan di sediakan.

sesajen yang di sediakan adalah seperti, pisang abom, kelapa muda, meyan, telor, dan berpa hasil bumi, dan tak lupa juga ada berapa ramuan khusus yang di letakan di gelas untuk menjadi sesajen, yang kadang gelas juga di makan bila lagi kesurupan salah satu pemain ebleg atau kuda lumping,  tapi yang nama kudang lumping di jawa khusunya kebumen masih kuat dan masih banyak yang suka memainkan dan menotraknya sebagi acara kampaye, sedekah bumi, dan pengringatan agustusan, masih lekat di kebumen khusnya.

kuda lumping ini pun masuk di sekolah-sekolah dasar sebagi kegitan ektrakulikuler di SD di kabupaten kebumen...? maaf bila masih kurang lengkap..? tunggu berikutnya infonya kuda lumping .
Share this post :
 
Support : Creating Website | bahrun grup | simponi
Copyright © 2011. Suara Muda Kebumen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by cs
Proudly powered by Blogger