Headlines News :
Home » , » Lengger Banyumasan Menarik Perhatian Masyrakat

Lengger Banyumasan Menarik Perhatian Masyrakat

Written By Bahrun Ali Murtopo on April 3, 2012 | 4/03/2012


Kesenian Lengger Banyumasan saat ini semakin terpinggirkan seiring dengan kesenian modern yang mulai membahana di masyarakat. Namun adanya keadaan seperti itu bukan berarti Kesenian Lengger telah punah tanpa ada bekasnya. 


Sebagian pegiat kesenian Lengger beberapa waktu yang lalu menampilkan kebolehan dalam acara Seminar Kebangsaan untuk Petani Sedekah Bumi dan Suran di Desa Rawa Apu, Kecamatan Patimun Kabupaten Cilacap. Acara yang dihadiri kurang lebih 800 orang ini betul-betul menikmati  gerak gemulai sang penari Lengger. 

Kesenian Lengger ini  sebagai bentuk gambaran bahwa kesenian Lengger ini adalah kesenian rakyat yang sudah turun temurun cukup lama. Kesenian Lengger ini identik dengan kesenian rakyat dan tampil dalam acara ritual-ritul tradisi masyarakat pedesaan. Seperti sedekah bumi ini. 

Tidak hanya Kesenian Lengger saja yang ditampilkan dalam acara tersebut, pentas wayang kulit semalam suntuk juga ikut memeriahkan sedekah bumi sebagai bentuk sukur kepada sang pencipta atas rizki yang sudah diberikan kepada para petani khususnya dan juga masyarakat pada umumnya.

Sedekah bumi kali ini merupakan persembahan doa atas persoalan persengketaan tanah antara petani dengan pihak perhutani cepat terselesaikan. Sehingga para petani merasa nyaman ketika menggarap lahan mereka.
Share this post :
 
Support : Creating Website | bahrun grup | simponi
Copyright © 2011. Suara Muda Kebumen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by cs
Proudly powered by Blogger