Headlines News :
Home » , » Anak Muda Buat Perubahan demi Pelestarian Lingkungan

Anak Muda Buat Perubahan demi Pelestarian Lingkungan

Written By Bahrun Ali Murtopo on October 8, 2013 | 10/08/2013

SuaraMuda-Bayer Group bekerja sama dengan United Nations Environment Program (UNEP) menyelenggarakan dan menyuarakan proyek yang berkomitmen lingkungan, salah satunya dengan memilih pelajar sebagai duta muda lingkungan hidup.
Sebelas finalis Duta Muda Lingkungan Bayer (Bayer Young Environmental Envoy/BYEE) diumumkan dalam acara penganugerahan pemenang yang digelar di Jakarta, hari Rabu (2/10).
Para duta muda yang merupakan mahasiswa perguruan tinggi dari seluruh Indonesia ini bukan hanya menuangkan ide, tetapi telah juga menjalankan proyek di daerahnya masing-masing dengan semangat melakukan perubahan demi pelestarian lingkungan.
"Generasi muda itu punya semangat, antusiasme dan cita-cita, serta ingin membuat perubahan. Berangkat dari sebuah proposal proyek lingkungan, mereka akan berjalan ke arah misi memberi kontribusi yang lebih besar," ujar Thomas-Peter Hausner, Presiden Direktur PT Bayer Indonesia.
Direktur Kehutanan dan Sumberdaya Air-Bappenas, Basah Hernowo, yang menjadi ketua Dewan Juri menjelaskan, kriteria penjurian meliputi inovasi, kesinambungan, hingga orisinalitas.
"Cukup sulit bagi juri memilih yang terbaik. Kesebelas finalis ini sudah melalui seleksi yang ketat pula, dan semuanya sangat baik," papar Basah.
lingkungan,inovasi,bayer,duta,byeeSenyuman dua duta muda lingkungan: Atika Putri Astrini-Universitas Padjajaran, dan Saiful Syadir-Universitas Hassanudin.
Dua peserta terbaik yang akhirnya terpilih sebagai BYEE 2013 yaitu Atika Putri Astrini dari Universitas Padjajaran Bandung dan Saiful Syadir dari Universitas Hassanudin Makassar.
Atika mengembangkan ide untuk mengubah perilaku konsumer menggunakan kantong plastik untuk barang belanjaan, dan menggantinya dengan sistem tas lipat yang cerdas. Sedangkan Saiful terjun langsung ke masyarakat untuk melaksanakan rehabilitasi mangrove di sebuah pulau di wilayah Sulawesi Selatan.
BYEE Indonesia akan ikut mewakili di dalam forum lingkungan internasional di Leverkusen, Jerman pada 11-15 November mendatang. Di mana dalam forum tersebut mereka akan berkesempatan meningkatkan lagi pengetahuan lingkungan, mendalami berbagai tren dan perspektif perlindungan lingkungan serta konsep pembangunan berkelanjutan.
(Gloria Samantha) Sumber National Geographic
Share this post :
 
Support : Creating Website | bahrun grup | simponi
Copyright © 2011. Suara Muda Kebumen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by cs
Proudly powered by Blogger