Headlines News :
Home » , » Teknologi. Tidak Bisa Dipungkiri Oleh Anak Muda Sekarang

Teknologi. Tidak Bisa Dipungkiri Oleh Anak Muda Sekarang

Written By Bahrun Ali Murtopo on October 6, 2013 | 10/06/2013


Desawasa ini, sebagian orang punya ketergantungan dengan gadget. Buktinya anak muda sekarang pasti mempunyai gadget. Sebut saja Handphone, Laptop, Tablet PC dan perangkat lain yang berhubungan dengan teknologi. Tidak dipungkiri kalo banyak anak muda sekarang tiap tahun sekali pasti ganti baru. Alasannya macem-macem. Mulai dari fiturnya lebih canggih sampai gengsi biar gak dibilang ketinggalan jaman. Bukan hanya orang dewasa saja yang menyukai barang ini, anak-anak pun kerap menjadi incaran merek atau brand tertentu dan seolah-olah menjadi kebutuhan wajib. Sadar atau tidak apapun jenis gadget tersebut telah menjadi sebuah tren pada dunia anak-anak dan remaja.

Jadi,orang tua yang anaknya menginginkan untuk dibelikan gadget, sebaiknya perhatikan dan seteliti mungkin sebelum membeli dan memilikinya untuk memilih sebuah gadget bagi mereka. Jangan sampai anda membelikan dan memilihkan gadget untuk anak remaja tetapi hanya sekedar untuk memperlihatkan atau memamerkan kepada teman mereka atau hanya sekedar untuk bermain games dan chating facebook belaka tanpa memiliki nilai, fungsi dan manfaat yang menujang bagi pendidikan mereka.

Beberapa tips memilih gadget untuk anak-anak dan remaja berikut ini: 
1.Faktor manfaat gadget tersebut
Biasanya anak / remaja selalu menginginkan apa yang dimiliki temannya, tanpa memikirkan apakah dia membutuhkannya atau tidak. Oleh karena itu, saat mereka menginginkan sebuah gadget, tanyakan tujuan dan manfaat apa yang diinginkannya. Sehingga kita secara bijak dapat memilihkan gadget mana yang bisa sesuai dengan manfaat yang diharapkannya.

2.Efek perkembangan anak
Penggunaan gadget bagi anak / remaja, sebaiknya dapat membatasi dalam menggunakan gadget. Jangan sampai dengan adanya gadget, anak anda lupa untuk berinteraksi dengan teman temannya, bermain layaknya anak kecil. Atur waktu penggunaannya, kapan anak bisa bermain gadget dan kapan anak harus berinteraksi dengan orang lain, termasuk orang tuanya sendiri. Agar perkembangan dirinya seiring dengan perkembangan sosialnya.Pintar dalam memberikan batasan waktu dalam menggunakan gadget, berarti kita secara langsung turut mendidik mereka dalam soal disiplin waktu.

3.Pengaruhnya terhadap mental anak
Saat membelikan gadget, pikirkan juga efeknya terhadap mental anak anda. Jangan sampai anak anda terlalu bergantung kepada gadgetnya dan melupakan potensi diri yang ada dalam dirinya. Sehingga mengakibatkan ketergantungan terhadap gadget tersebut dan membawa dampak malas untuk berfikir.

4.Faktor keamanan
Gadget yang canggih dengan harga mahal yang dibawa anak remaja hanya akan menjadikan orang yang memiliki niat jahat tergerak untuk melakukan kejahatan, hingga akhirnya menjadi korban kejahatan pencurian gadget yang dimilikinya. Pilihkan gadget yang tidak terlalu mahal untuk anak usia remaja. Cukup belikan yang sudah memadai fungsi dan manfaat untuk seusianya.

5.Pikirkan faktor kepantasan
Satu hal ini, sebaiknya kita lihat lingkungan sekitar pergaulan mereka. Apakah pantas untuk memilikinya sedangkan dalam pergaulannya, teman sebaya mereka tidak memiliki gadget sama sekali. Karena faktor lingkungan mereka bermain di rumah maupun di sekolah sangat penting untuk kita dalam menentukan sikap kita dalam memiliki atau tidak memiliki sebuah gadget.

Kembali pada diri kita sebagai orang tua yang bijaksana dalam menentukan sebuah sikap untuk dapat terus mendukung dan memenuhi kebutuhan pendidikan mereka.

(Dikutip dari berbagai sumber)kesekolah
Share this post :
 
Support : Creating Website | bahrun grup | simponi
Copyright © 2011. Suara Muda Kebumen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by cs
Proudly powered by Blogger