Headlines News :
Home » , » Kodim 0709 Kebumen memprakarsai rencana pembangunan monumen pemuda kedaulatan 45

Kodim 0709 Kebumen memprakarsai rencana pembangunan monumen pemuda kedaulatan 45

Written By Bahrun Ali Murtopo on November 5, 2013 | 11/05/2013

KEBUMEN, kabarkebumen.com - Kodim 0709 Kebumen memprakarsai rencana pembangunan monumen pemuda kedaulatan 45. 

Monumen yang akan dibangun di kompleks Makodim 0709 Kebumen itu untuk mengenang dan menghormati peristiwa pelucutan senjata pasukan jepang di Kebumen pada 24 Agustus 1945 yang dilakukan oleh pemuda yang tergabung dalam Barisan Keamanan Rakyat (BKR) dan pelajar yang dipimpin oleh eks Chudancho Soedrajat.

Hal itu disampaikan oleh Komandan Kodim 0709 Kebumen Letkol Inf Dany Rakca Andalasawan SAP kepada Suara Merdeka di sela-sela ceramah kebangsaan dalam rangka refleksi peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-85 tahun 2013 di Aula Makodim 0709 Kebumen, Senin (28/10).

"Dengan kekuatan 400 orang bersenjata bambu runcing dan senjata lain para pemuda Kebumen meruntuhkan mental pasukan jepang," ujar Dandim seraya menyampaikan monumen itu dibangun untuk menghormati jasa para pendahulu generasi muda Kebumen yang tergabung dalam BKR dan pelajar dalam aksi juang tersebut.

Sementara itu ceramah kebangsaan yang disampaikan oleh Dandim dihadiri anggota TNI dan organisasi kepemudaan. Antara lain Pemuda Pancasila dan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI Polri (FKPPI) Kebumen. Dalam ceramahnya, Dandim mendorong para generasi muda untuk mengetahui apa yang telah diperjuangkan oleh generasi terdahulu. Selain itu, Dandim juga mengajak pemuda agar berkarya nyata sehingga bisa dikenang generasi sesudahnya.

Ketua Pemuda Pancasila Kebumen Edy Sugiharto menyampaikan, masih kurangnya perhatian pemerintah daerah dalam hal pembinaan organisasi kepemudaan. Dia mencontohkan Pemuda Pancasila Kebumen selama ini berjalan tanpa mendapat bantuan anggaran dari Pemkab. "Adapun kegiatan bisa berjalan murni atas iuran dari anggota dan simpatisan," ujar Edy Sugiharto.

Sebelumnya, upacara dalam rangka memperingati hari sumpah tingkat Kebumen digelar di Alun-alun. Bupati H Buyar Winarso SE bertindak selaku inspektur upacara. Hadir anggota Forkopinda, Sekda H Adi Pandoyo SH MSi, pejabat di lingkungan Pemkab Kebumen.

Membacakan sambutan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora) KRMT Roy Suryo, Bupati menyampaikan bahwa peringatan tahun ini mengangkat tema "Dengan sumpah pemuda, kita wujudkan pemuda yang santun, cerdas inspiratif dan berprestasi". Tema itu membawa pesan, pemuda Indonesia perlu meyakinkan dunia bahwa generasi pemuda Indonesia tetap memelihara kesantunannya, di tengah berbagai perubahan nilai moral dan sosial yang melanda dunia.
Sumber : Suaramerdeka
Share this post :
 
Support : Creating Website | bahrun grup | simponi
Copyright © 2011. Suara Muda Kebumen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by cs
Proudly powered by Blogger