Suara Muda
Headlines News :
Home » , , » Keragaman Kepercayaan Di Kebumen " Sapto Darmo "

Keragaman Kepercayaan Di Kebumen " Sapto Darmo "

Written By Bahrun Ali Murtopo on March 25, 2012 | 3/25/2012


Sapto Darmo salah satu kepercayaan keagamaan tanah jawa ,kali kita mengenal sapto drama di kebumen yang masih tumbuh kuat oleh orang-orang kepercyaan Kejawen yang telah turun temurun sebelum ada islam masuk di Tanah Jawa, keagamaan inimasih ketel dan kuat di percaya oleh orang kejawen yang tak fanatik dengan agama lain untuk saling memusuhi atau melarang pelakukan keagamaan atau kepercayaan  di tanah jawa. Berapa hari lalu Kami Bertemu lasung dengan orang kepercayaan Sapto Darmo di untuk sedikit belajar dan ingin tau apa sih sapto dramo. Gambarandi samping  ini tak akan hilang oleh kepercayaan sapto drama .?

Walo masih Banyak pertanyaan dari masyarakat tenatang sapto drama itu sendiri  terkait  seputar ajaran Kejawen. Pertanyaan tersebut tidak semata disampaikan oleh orang yang awam terhadap Islam, akan tetapi juga oleh para da’i, takmir masjid, dan tokoh masyarakat. Dari ‘nada’ pertanyaan mereka, penulis menangkap bahwa masyarakat masih menganggap Kejawen merupakan bagian dari Islam, sehingga mereka sering menyebut dengan nama Islam Kejawen. 

Ada Sedikit Kulasan yang belum begitu dalam Cuma gambaran apa sih Sapto Darmo —salah satu aliran besar kejawen— pertama kali dicetuskan oleh Hardjosapuro dan selanjutnya dia ajarkan hingga meninggalnya, 16 Desember 1964. Nama Sapto Darmo diambil dari bahasa Jawa; sapto artinya tujuh dan darmo artinya kewajiban suci. Jadi, sapto darmo artinya tujuh kewajiban suci. Sekarang aliran ini banyak berkembang di Yogya dan Jawa Tengah, bahkan sampai ke luar Jawa. Aliran ini mempunyai pasukan dakwah yang dinamakan Korps Penyebar Sapto Darmo, yang dalam dakwahnya sering dipimpin oleh ketuanya sendiri (Sri Pawenang) yang bergelar Juru Bicara Tuntunan Agung.

Kami sedang  mencoba mendalami dan belajar kepada masyrakat yang mebpercayai sapto drama di wilayah kebumen yang masih tumbuh kuat yang ada di kota kebumen beriman ini. Tunggu aja hasil berikutnya kawan ..? By: bahnrun Fb.  https://www.facebook.com/bahrunali
Share this post :
 
Support : Creating Website | bahrun grup | simponi
Copyright © 2011. Suara Muda Kebumen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by cs
Proudly powered by Blogger