PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TAHUN PELAJARAN 2010/2012
A. Sekolah Dasar
No. Standar Kompetensi
Lulusan
Kemampuan yang Diuji Indikator
1
Menyebutkan, menghafal,
membaca dan mengartikan
surat-surat pendek dalam
Al-Qur’an, mulai surat Al-
Fatihah sampai surat Al-
‘Alaq.
Membaca QS Al Fiil dengan lancar. Disajikan beberapa ayat Al-Qur`an, peserta didik dapat
menentukan salah satu ayat surat Al Fiil.
Mengartikan QS Al Maun dengan benar. Disajikan salah satu ayat surat Al Maun dan artinya, peserta
didik dapat menentukan isi pokok ayat tersebut yang
berhubungan dengan sifat peduli.
Mengartikan QS Al Kautsar dengan benar. Disajikan salah satu ayat surat Al Kautsar dan artinya,
peserta didik dapat menentukan isi pokok ayat tersebut.
Membaca QS An Nashr dengan lancar. Disajikan beberapa ayat Al Quran, peserta didik dapat
memilih salah satu ayat surat An Nashr dengan tepat.
Membaca QS Al Ikhlas dengan lancar. Disajikan salah satu ayat surat Al Ikhlas, peserta didik
mampu menjelaskan hukum bacaan lafadz yang bergaris
bawah.
Membaca QS Al-Lahab dan Al-Kafirun. Disajikan surat Al Lahab yang tidak lengkap, peserta didik
dapat melengkapi dengan tepat.
Mengartikan QS Al-Lahab dan Al-Kafirun. Disajikan salah satu ayat surat Al Kafirun, peserta didik
dapat menunjukan artinya.
Mengartikan QS Al Fatihah. Disajikan salah satu ayat surat Al Fatihah, peserta didik dapat
menjelaskan artinya.
Membaca QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq
ayat 1 – 5.
Disajikan beberapa ayat Al Quran, peserta didik dapat
mengidentifikasi salah satu ayat surat Al Qadar.
Disajikan salah satu ayat surat Al Alaq, peserta didik dapat
menentukan hukum bacaan yang digaris bawahi.
2 | P a g e
Mengartikan QS Al Maidah : 3 dengan
benar.
Disajikan kutipan surat Al Maidah ayat 3 dan artinya, peserta
didik dapat menyimpulkan isi kandungannya.
Mengartikan QS Al-Hujurat ayat 13. Disajikan surat Al Hujurat ayat 13 dan artinya, peserta didik
dapat menunjukan perilaku toleransi dalam kehidupan
bermasyarakat.
2
Mengenal dan meyakini
aspek-aspek rukun iman
dari iman kepada Allah
sampai iman kepada Qadha
dan Qadar
Mengartikan sifat Jaiz Allah SWT. Disajikan beberapa pernyataan tentang sifat Allah, peserta
didik dapat menilai pernyataan yang sesuai dengan sifat jaiz
bagi Allah SWT.
Menyebutkan tugas-tugas Malaikat. Disajikan nama dan tugas malaikat melalui tabel yang belum
lengkap, peserta didik dapat melengkapi dengan benar .
Menyebutkan nama-nama Rasul yang
menerima kitab-kitab Allah SWT.
Ditampilkan nama-nama kitab suci yang diturunkan Allah
SWT, peserta didik dapat menunjukkan nabi yang
menerimanya.
Menjelaskan al-Qur’an sebagai kitab suci
terakhir.
Disajikan beberapa pernyataan berkaitan dengan kitab suci,
peserta didik dapat menunjukkan fungsi Al-Qur`an sebagai
kitab suci terakhir dengan benar.
Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi
dari para Rasul.
Disajikan melalui cerita tentang kehidupan rasul, peserta
didik dapat memilih dengan tepat peristiwa yang melatarbelakangi
seorang Rasul mendapat julukan Ulul Azmi
Membedakan Nabi dan Rasul. Disajikan melalui pernyataan tentang nabi dan rasul, peserta
didik dapat menunjukkan perbedaan antara Nabi dan Rasul.
Menyebutkan nama-nama hari akhir. Disajikan peristiwa tentang hari akhir, peserta didik dapat
menentukan nama hari akhir yang sesuai dengan peristiwa
tersebut.
Menyebutkan tanda-tanda hari akhir. Ditampilkan narasi tentang hari akhir, peserta didik dapat
mengemukakan tanda-tanda hari akhir yang ada dalam
narasi tersebut.
Menunjukkan contoh-contoh Qadha dan
Qadar.
Ditampilkan beberapa pernyataan tentang kehidupan
manusia, peserta didik dapat memilih contoh pernyataan
yang sesuai dengan qadha Allah SWT.
3 | P a g e
Menunjukkan keyakinan terhadap Qadha
dan Qadar.
Disajikan beberapa pernyataan tentang kehidupan seseorang,
peserta didik dapat memilih dengan tepat contoh sikap
menerima qadar Allah SWT.
3
Menceritakan kisah nabinabi
serta mengambil
teladan dari kisah
tersebut dan menceritakan
kisah tokoh orang-orang
tercela dalam kehidupan
nabi
Menceritakan kisah Nabi Adam AS. Disajikan cuplikan kisah Nabi Adam AS, peserta didik dapat
menyimpulkan penyebab Nabi Adam diturunkan ke dunia.
Menceritakan kisah kelahiran Nabi
Muhammad SAW.
Disajikan melalui narasi tentang kehidupan Nabi Muhammad
SAW, peserta didik dapat mengemukakan nama pengasuh
Nabi Muhammad SAW.
Menceritakan kisah Nabi Ismail AS. Disajikan kisah Nabi Ismail AS, peserta didik dapat
menyimpulkan hikmah yang berhubungan dengan sikap
sosial dalam kisah tersebut.
Menceritakan kisah Nabi Musa AS. Disajikan beberapa pernyataan tentang kisah nabi, peserta
didik dapat menentukan kejadian pada masa Nabi Musa AS.
Menceritakan kisah Nabi Isa AS. Disajikan beberapa kisah tentang Nabi, peserta didik dapat
menentukan kejadian pada masa Nabi Isa AS.
Menceritakan kisah Khalifah Abu Bakar
Sidik RA.
Disajikan kisah khalifah Abu Bakar RA, peserta didik dapat
menentukan sifat terpuji pada beliau.
Menceritakan perilaku Musailamah Al
Kadzab.
Disajikan melalui narasi tentang Musailamah al Kadzab
peserta didik dapat mengidentifikasi faktor penyebab
Khalifah Abu Bakar Siddiq RA memerangi Musailamah Al-
Kadzab.
Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin
dan kaum Anshar.
Disajikan melalui cerita berkaitan dengan kaum Muhajirin
dan Anshar, peserta didik dapat menyimpulkan perjuangan
kaum Muhajirin dan Anshar yang berkaitan dengan karakter
sosial.
4
Berperilaku terpuji dalam
kehidupan sehari-hari
serta menghindari
perilaku tercela
Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam
AS.
Ditampilkan beberapa kasus tentang kehidupan seseorang,
peserta didik dapat menentukan peristiwa yang relevan
dengan sikap bertaubat.
Meneladani perilaku masa kanak-kanak
Nabi Muhammad SAW.
Disajikan kisah nabi Muhammad SAW pada masa kanakkanak,
peserta didik dapat menunjukkan perilaku terpuji.
4 | P a g e
Meneladani perilaku Nabi Ibrahim AS. Disajikan melalui cerita berkaitan dengan kehidupan Nabi
Ibrahim AS, peserta didik dapat menunjukkan perilaku
terpuji Nabi Ibrahim AS.
Meneladani Nabi Ismail AS. Disajikan melalui narasi berkaitan dengan Nabi Ismail AS,
peserta didik dapat menunjukkan perilaku terpuji Nabi Ismail
AS.
Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS. Disajikan melalui cerita tentang kehidupan Nabi Ayyub AS,
peserta didik dapat meneladani perilaku terpuji Nabi Ayyub
AS.
Meneladani perilaku Nabi Musa AS. Disajikan melalui cerita berkaitan dengan kehidupan Nabi
Musa AS, peserta didik dapat menunjukkan perilaku terpuji
dari kisah Nabi Musa AS.
Menghindari perilaku dengki seperti Abu
Lahab dan Abu Jahal.
Disajikan narasi tentang kehidupan sehari-hari, peserta didik
dapat menentukan cara menghindari perilaku dengki dalam
kehidupan bermasyarakat secara tepat.
Menghindari perilaku bohong seperti
Musailamah Al Kadzab.
Disajikan kasus dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik
dapat menentukan cara menghindari perilaku bohong.
5
Mengenal dan
melaksanakan rukun Islam
mulai dari bersuci
(thaharah) sampai zakat
serta mengetahui tata cara
pelaksanaan ibadah haji
Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib
shalat.
Disajikan beberapa ketentuan shalat, peserta didik dapat
mengidentifikasi syarat wajib shalat.
Menyebutkan hal-hal yang membatalkan
shalat.
Disajikan beberapa ketentuan shalat, peserta didik dapat
menunjukkan hal-hal yang membatalkan shalat.
Melakukan dzikir setelah shalat. Disajikan lafal dzikir setelah shalat yang belum lengkap,
peserta didik mampu melengkapi dengan benar.
Melakukan cara bersuci (thaharah). Disajikan melalui cerita tentang kasus bersuci, peserta didik
dapat menyebutkan alat untuk bersuci.
Melafalkan azan dan iqamah. Disajikan salah satu lafal azan, peserta didik dapat
mengartikan dengan benar.
Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa
Ramadhan.
Disajikan beberapa ketentuan puasa, peserta didik dapat
mengidentifikasi rukun puasa.
Disajikan beberapa ketentuan puasa, peserta didik dapat
menunjukkan hal - hal yang membatalkan puasa.
5 | P a g e
Menyebutkan hikmah puasa. Disajikan melalui narasi tentang puasa, peserta didik dapat
menentukan salah satu hikmah puasa.
Melaksanakan tarawih di bulan Ramadhan. Disajikan narasi tentang shalat tarawih, peserta didik dapat
menentukan hikmah dalam pelaksanaannya.
Menyebutkan macam-macam zakat. Disajikan beberapa pernyataan berkaitan dengan zakat,
peserta didik dapat mengenali macam-macam zakat.
Menyebutkan ketentuan zakat fitrah.
Disajikan melalui cerita tentang kasus zakat fitrah, peserta
didik dapat menentukan ukuran zakat fitrah.
Disajikan narasi tentang zakat, peserta didik dapat
menunjukkan contoh sikap empati terhadap yang
membutuhkan.