Headlines News :
Home » , , , , , , » Batu Asli Lukulo kebumen Yang Menyimpan “Batu Kristal”

Batu Asli Lukulo kebumen Yang Menyimpan “Batu Kristal”

Written By Bahrun Ali Murtopo on March 12, 2015 | 3/12/2015

Kebumen News- Banyak jenis batu yang lagi ngetren di buru oleh para pecinta batu. Berbagai jenis model dan warna dapat ditemukan, Kebumen mempunyai jenis batu paling lengkap di wilayah belantara batuan dunia.
“Kebumen memiliki jenis yang bersumber dari sungai Lukulo atau yang berpusat di sorganya batu dunia di LIPIKarangsambung Kebumen, Batua di Karangsambung danSadang dikenal batu terkuat dari jenis batu tertua,” Tutur Somad salah seorang pecinta batu kali Lukulo.
Jarang diamati, ternyata ada batu kristal tersembunyi di dalam batu. Batu kristal itu  terbentuk secara alami di dalam batu tersebut. Nenek moyang menyebut jenis batu ini Batu Umbul dengan berbagi warna jenisnya. Saat kecil pasti sering menemukan dan memecahkan batu karena batu jenis ini mudah didapati. Jenis batu umbul yang berwana putih paling mduah ditemukan.
Batu kristal di dalam batu umbul ini ukurannya kecil seperti permata pada umumnya. Konon mempunyai khasiat jika di masukkan bak mandi menyebabkan rasa air sangat dingin seperti di kulkas. Selain itu batu kristal ini dipercaya mempunya khasiat untuk pengobatan penyakit kulit dengan cara ditempelkan pada sekitar kulit yang sakit. Bentuk batu umbul ini bisa dilihat seperti di gambar ini.
Cara menemukan batu kristal adalah dengan cara di pecah menggunakan palu atau sejenisnya. Agak susah memang karena belum tentu batu yang dipecah itu ada kristalnya. “Perlu perjuangan untuk mendapatkan jenis batu ini. Kalau beruntung satu batu umbul bisa saat dipecah ditemukan10 batu yang berbentuk kristal” Tutur Romelah, Jumat, 17/10/14. (Bram)

Share this post :
 
Support : Creating Website | bahrun grup | simponi
Copyright © 2011. Suara Muda Kebumen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by cs
Proudly powered by Blogger