Headlines News :
Home » , » Penghargaan Film Dokumenter “URUT SEWU” Terbaik di Indonesia

Penghargaan Film Dokumenter “URUT SEWU” Terbaik di Indonesia

Written By Bahrun Ali Murtopo on December 19, 2016 | 12/19/2016

Seperti biasanya, Festival Film  Pelajar Jogja (FFPJ) yang hadir setiap tahun diikuti oleh pelajar dari penjuru Indonesia dari Aceh sampai Papua, bertemu dalam ajang  Festival  Film yang diselenggarakan di Pondok Pemuda Ambar binangun, Bantul,  Jogjakarta  sejak 17-18 Desember 2016. kegiatan selama 2 hari pemutaran  film-film yang lolos dalam ajang  FFPJ dan Seminar  Nasional, Kelas Persahabatan dan Perdamaian,  Api Ekspresi, Temu Komunitas, Forum Pendidik serta Penganugerahan Film Terbaik  FFPJ  2016.
Kegiatan yang memasuki tahun ke-7 ini mengusung tema besar “Persahabatan dan Perdamaian”. Jika di tahun-tahun sebelumnya, kompetisi hanya diperuntukan untuk SMP dan SMA/sederajat, pada tahun ini dibuka kompetisi video untuk kategori  anak SD.
Minggu, 18 Desember 2016 puncak perayaan  Festival Film  Pelajar Jogja (FFPJ) 2016. Dimanak para peserta menantikan penganugerahan  Film-Film  Terbaik ajang  FFPJ 2016. Diantaranya adalah Penghargaan untuk  Video  Eksperimental,  Penghargaan untuk  Video  Musik,  Penghargaan untuk  Video Persahabatan dan Perdamaian, Penghargaan Film  bertema  “Anti  Korupsi”  Penghargaan  Film bertema Perempuan, Penghargaan Film Anak, Penghargaan Film kategori Dokumenter serta Penghargaan  Film  kategori Fiksi.
Film berjudul  URUT SEWU  karya Dewi Nur Aenisiswi  SMK N1 Kebumen berhasil raih penghargaan sebagai Film  Dokumenter Terbaik 1 dan Penghargaan khusus dari Watch Docsebagai  film pilihanter baik.  Film yang  digarap oleh pelajar SMKN1 Kebumen selama melaksanakan masa prakerin  di Sangkan paran Cilacap ini menceritakan tentang persoalan Petani Urut Sewu  yang sebagianlahan pertaniannya di  gunakan oleh TNI sebagai tempatlatihan.
Hal  ini menyulut perlawanan warga tatkala TNI  melakukan pemagaran di lahan pertanian milik warga. Film berdurasi pendek ini sebelumnya telah mendapat penghargaan di ajang Documentary  Days  FEB  UI  Jakarta  beberapa waktu lalu. Kini Film Dokumenter ini kembali raih penghargaan dalam ajang  Festival  Film  Pelajar Jogja  2016.
Kebahagiaan ini tentunya sangat dirasakan oleh Dewi Nur Aeni sebagai  filmmaker berstatus pelajar. Dirinya berharap pesan  yang  ingin disampaikanya benar-benar bisa tersampaikan. “Saya ingin agar seluruh masyarakat  tau  kondisi  di  Urut Sewu,  salah satunya ya melalui media  film,  bisa menyampaikan pesan-pesan tersebut.  Alhamdulilah  film ini mendapat apresiasi  di  berbagai ajang  festival  di  Indonesia.”  Ungkap gadis cantik berkerudung  yang masih sekolah kelas XII di SMK N1 Kebumen.
Share this post :
 
Support : Creating Website | bahrun grup | simponi
Copyright © 2011. Suara Muda Kebumen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by cs
Proudly powered by Blogger