Suara Muda
Headlines News :
Home » , , , , , » Kawasan Karangsambung Kebumen

Kawasan Karangsambung Kebumen

Written By Bahrun Ali Murtopo on December 15, 2011 | 12/15/2011

Iseng-iseng saya berkeliling ke wilayah bagian utara Kabupaten Kebumen, nama kecamatan Karangsambung yang saya tuju merupakan kawasan geowisata yang akhir-akhir ini mulai banyak dibicarakan orang.
Karangsambung adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Saat ini Karangsambung digunakan menjadi lokasi riset purbakala dan geo wisata untuk masyarakat umum.


Perjalanan saya mulai menuju ke arah utara kota Kebumen, mengikuti papan petunjuk arah kawasan geowisata Karangsambung. Sampai ke sebuah pertigaan yang terdapat gerbang bertuliskan ‘Obyek Wisata Alam Geologi Karangsambung’. Saya kira setelah melewati gerbang ini, lokasi Karangsambung sudah lumayan dekat, ternyata anggapan saya salah, saya masih harus menempuh jarak sekitar 15 km untuk sampai di kecamatan Karangsambung.
Perjalanan melewati jalanan yang sempit namun aspal sudah lumayan baik. Melewati beberapa pedesaan dan persawahan, sambil menelusuri Sungai Luk Ulo yang terdapat disebelah kiri. Di Sungai Luk Ulo ramai oleh aktivitas penambangan pasir di beberapa titik lokasi. Memasuki kawasan kecamatan Karangsambung, saya melewati hamparan sawah yang luas dan dihadapkan dengan pengunungan yang terdapat di belakangnya.

Perjalanan kembali menelusuri sungai Luk Ulo dimana sisi kiri jalan langsung berbatasan dengan sungai dan sisi kanan terdapat tebing batu yang merupakan batuan sedimen raksasa yang terbentuk dari batuan vulkanik dan batuan pasir. Cukup unik bentuk dan tekstur batuannya, namun anda harus berhati-hati bila berhenti untuk sekedar melihat dan berfoto karena jalanan sempit dan kondisi jalan disekitar area tersebut rusak dan berpasir. Kawasan ini masih digunakan untuk penelitian dan dilindungi keberadaannya.
Diberi nama Sungai Luk Ulo dikarenakan kenampakan sungai yang meliuk-liuk seperti ulo (ular). Bentuk meliuk-liuk Sungai Luk Ulo menurut penelitian LIPI menunjukkan bahwa pembentukan sungai melalui proses penerobosan batuan sediman tua yang dinamakan formasi Totogan dan formasi Waturanda di Karangsambung, dua formasi yang terdiri dari batuan-batuan beku vulkanik.

Perjalanan dilanjutkan melewati sebuah dusun kecil yang berakhir pada ibukota kecamatan Karangsambung. Di area ibukota kecamatan Karangsambung terdapat Balai Informasi dan Konservasi Kebumian Karangsambung milik LIPI. Mengingat hari libur, bangunan ini tampak sepi. Sebetulnya saya ingin masuk dan berkunjung ke balai tersebut, namun karena tampak sepi dan tidak mengetahui prosedurnya, saya mengurungkan niat untuk berkunjung ke balai tersebut. Mungkin dilain waktu saya akan mengunjungi balai tersebut dan mengenal lebih jauh mengenai aktivitas konservasi dan explorasi di Karangsambung.
Saya kira ibukota kecamatan Karangsambung merupakan ujung dari jalan menuju kawasan Geowisata Karangsambung, ternyata perkiraan saya salah. Saya mencoba menelusuri jalan terus dimana mulai menanjak dan terdapat pertigaan. Saya mengambil jalan ke kiri dan menelusuri hutan pinus. Dimana kawasan hutan pinus tersebut memanjang di tepian sungai Luk Ulo. Akhirnya saya mengakhiri perjalanan di kawasan Karangsambung ini.
http://teamtouring.net/survei-kawasn-karagsambung.htm
Share this post :
 
Support : Creating Website | bahrun grup | simponi
Copyright © 2011. Suara Muda Kebumen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by cs
Proudly powered by Blogger