Suara Muda
Headlines News :
Home » » Lomba Penulisan Puisi Esai Hadiah Denny Ja Jurnal Sajak Juara Pertama 12,5 Juta

Lomba Penulisan Puisi Esai Hadiah Denny Ja Jurnal Sajak Juara Pertama 12,5 Juta

Written By Bahrun Ali Murtopo on October 19, 2013 | 10/19/2013


Ada lomba penulisan puisi esai yg diadakan oleh denny JA yang memperebutkan total hadiah lebih dari 50 juta rupiah. Bagi juara pertamanya akan mendapat hadiah 12,5 juta. Juga masih ada hadiah jutaan buat juara kedua, ketiga dan 10 pemenang hiburan. Woww...!

nama kontes/lomba: lomba menulis puisi esai denny Ja jurnal sajak

deadlinenya: 28 oktober 2013

hadiah pemenang lomba: Pemenang pertama Rp 12.500.000,00
    Pemenang kedua Rp 10.000.000,00
    Pemenang ketiga Rp 7.500.000,00
    10 pemenang hiburan @ Rp 2.000.000,00

pengumuman sang pemenang:  di Jurnal Sajak Edisi 5 Januari 2014 dan @DennyJA_World

syarat beserta ketentuannya:   Lomba terbuka untuk umum.
    Tema adalah masalah sosial, khususnya masalah sosial yang problematis. Aspek sosial yang dipilih bebas, boleh berupa kisah cinta tak sampai karena perbedaan status sosial ekonomi, agama, ideologi, pandangan politik, dan sebagainya. Puisi esai dianggap berhasil jika temanya menyentuh persoalan masyarakat luas.
    Penokohan. Tokoh puisi esai adalah sosok di tengah pergulatan sosial maupun sosok yang melibatkan diri dalam situasi sosial yang problematis. Tokoh harus dieksplorasi dan dihadirkan pergulatan psikologis dan gambaran batinnya dan harus menggambarkan perkembangan psikologis tokohnya. Puisi esai dianggap berhasil jika tokohnya menyentuh pembaca.
    Alur. Karena puisi esai cenderung panjang, maka pengolahan alur menjadi penting agar unsur dramatik puisi esai dapat dikembangkan sebaik-baiknya hingga tidak membosankan.
    Latar. Bebas, baik masa kini maupun masa silam, namun harus memiliki dan menghadirkan dimensi sosial yang kritis. Latar puisi esai hendaknya mengacu pada latar sosial yang benar-benar pernah terjadi, baik di masa kini maupun di masa lalu. Acuan pada kenyataan ditunjukkan oleh catatan kaki.
    Catatan kaki. Catatan kaki dapat berupa hasil riset/ penelitian sosial, makalah, buku ilmiah, maupun pemberitaan di media masa.
    Bahasa. Ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, komunikatif, serta mudah dimengerti. Penggunaan metafora, simbol, rima, metrum, dan berbagai gaya bahasa lainnya, dibolehkan - bahkan dianjurkan - namun harus tetap komunikatif dan mudah dipahami. Puisi esai dianggap berhasil jika dapat dipahami publik seluas-luasnya.

    Ditulis dengan Ms. Word, Panjang minimal 10.000 karakter.

utk ikut: Dikirim ke alamat Jurnal Sajak: jurnal.sajak@gmail.com dengan cc ke lombapuisi@yahoo.com; puisiesai2012@yahoo.com; dan lombalagupuisi@yahoo.com dalam bentuk attachment dengan nama file menggunakan nama asli Anda (nama lengkap).
Tulis identitas di halaman akhir puisi esai yang Anda kirim: nama; alamat KTP, alamat email, akun facebook atau Twitter (jika ada), dan biodata ringkas.

Share this post :
 
Support : Creating Website | bahrun grup | simponi
Copyright © 2011. Suara Muda Kebumen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by cs
Proudly powered by Blogger