Headlines News :
Home » , , » Tempat Singgah Bupati Arungbinang

Tempat Singgah Bupati Arungbinang

Written By Bahrun Ali Murtopo on October 4, 2013 | 10/04/2013

SuaraMuda-Awalnya desa Korowelang bernama desa Banjarejo. Bupati Arungbinang setelah melakukan perjalanan saat itu singgah untuk beristirahat di sebuah batu besar yang di desa tersebut, tepatnya di dukuh Batu Kuwuk. Secara bentuk dan rupa sebenarnya tidak ada yang istimewa dengan batu tersebut. Namun,  perlu diketahui bahwa batu besar yang persis berada di pinggir jalan sekaligus di atas kali merupakan batu istimewa, dalam istilah Jawa Punden. “Menurut cerita dari orang tua Batu yang pernah menjadi tempat singgah bupati Arungbinang merupakan batu istimewa atau dalam istilah jawa batu Punden,” Tutur Kepala desa Korowelang, Ibnu Mujamil saat ditemui Kebumennews.com, Selasa (04/06/2013) di kantornya.
Ibnu Mujamil menjelaskan keistimewaan batu (Punden) tersebut yaitu kalau batu tersebut di jatuhkan ke kali tanpa diketahui masyarakat batu batu tersebut kembali ke tempat semula. Awalnya Ibnu Mujamil juga mengaku tidak penasaran dan sempat mau mencoba menjatuhkan batu tersebut ke kali. Namun, karena terlalu besar dia mengaku tidak kuat. “Saat mau mencalonkan diri sebagai kepala desa, saya berencana untuk menjatuhkan batu tersebut, namun karena batunya yang terlalu besar dan bobotnya yang berat saya pun menggagalkan rencana tersebut,” beber Ibnu Mujamil.
“Saat Bupati Arungbinang beristirahat di sekitar lokasi mendadak banyak terdapat ular welang dan sempat mengundang kehobahan warga. Disinilah awal pergantian nama dari desa Banjarejo menjadi desa Korowelang,” imbuhnya.
Lebih lanjut Ibnu Mujamil menambahkan sebagian wilayah yang awalnya masuk desa Jlegi dan desa Pejagatan kemudian bergabung ke desa Korowelang. “Beberapa dukuh yang sebelumnya masuk wilayah desa Jlegi dan desa Pejagatan akhirnya bergabung ke desa Korowelang,” pungkas Ibnu Mujamil.(iwn) www.kebumennews.com-
Share this post :
 
Support : Creating Website | bahrun grup | simponi
Copyright © 2011. Suara Muda Kebumen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by cs
Proudly powered by Blogger