Suara Muda
Headlines News :
Home » , , » Wirausaha Harus Diasah dari Sekolah kebumen

Wirausaha Harus Diasah dari Sekolah kebumen

Written By Bahrun Ali Murtopo on June 5, 2011 | 6/05/2011

enteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar meminta lembaga-lembaga pendidikan termasuk pesantren untuk memperkenalkan dan mengajarkan wirausaha secara dini. Dengan demikian para lulusan bisa mempersiapkan diri untuk membuka lapangan kerja baru dengan mental berwirausaha sejak dini.


“Wirausaha merupakan salah satu solusi untuk menekan tingkat pengangguran yang terjadi saat ini. Pasalnya, selain menciptakan pekerjaan bagi diri sendiri, wirausaha juga dapat membuka kesempatan kerja bagi orang lain," kata Menakertrans Muhaimin Iskandar dalam kunjungan kerja kei Pondok Pesantren Al Barokan Sempor, Kebumen, Jawa Tengah pada Minggu ( 27/2/2011).

Dikatakannya dengan mempelajari ilmu dan keterampilan wirausaha, para lulusan pendidikan dapat memiliki bekal kemandirian, mampu adaptasi terhadap masyarakat sekitarnya, sekaligus bisa memberdayakan ekonomi masyarakat.

“Perlu dirancang kurikulum dan program-program khusus agar lulusan pendidikan umum maupun pesantren bisa bekerja sesuai dengan kemampuannya. Program-program itu diantaranya harus melibatkan pelatihan keterampilan berbasis dunia kerja," seru Muhaimin.

Dijelaskan Muhaimin, untuk menambah keterampilan kerja, lembaga-lembaga pendidikan dapat mengembangkan kerja sama dengan Balai Latihan Kerja, terutama mengembangkan program keterampilan untuk mendukung wirausaha baru.

“Untuk di daerah perlu ada pelatihan-pelatihan wirausaha baru berbasis potensi lokal untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal juga, ini bisa dikembangkan dengan kerja sama dengan Balai Latihan Kerja,“ kata Muhaimin.

Di Kebumen Jawa Tengah, jumlah angkatan kerja saat ini 678.603 orang, pengangguran terbuka 37.323 orang, para pencari kerja 16.367 orang, yang sudah ditempatkan 4.860 dengan. Yaitu meliputi antar kerja lokal 330 orang, antar kerja antar daerah 1.136 orang, antar kerja antar negara 1.179 orang, mandiri 15 orang, padat karya infrasutruktur 2.200 orang. Sementara jumlah peserta pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kebumen mencapaui 1.379 orang.
Share this post :
 
Support : Creating Website | bahrun grup | simponi
Copyright © 2011. Suara Muda Kebumen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by cs
Proudly powered by Blogger