Suara Muda
Headlines News :
Home » » Nama-nama dan tugas Malaikat

Nama-nama dan tugas Malaikat

Written By Bahrun Ali Murtopo on May 1, 2012 | 5/01/2012


Iman kepada Malaikat
Malaikat yaitu makhluk gaib ciptaan Allah SWT yang diciptakan dari nur (cahaya) Ilahi dan selalu taat kepada Allah. Malaikat adalah makhluk Allah yang bersifat gaib.
Gaib artinya segala sesuatu yang diyakini keberadaanya tetapi tidak tampak atau terlihat oleh mata dan tidak dapat ditangkap oleh panca indra. Atas izin Allah, malaikat dapat menjelma menjadi apa saja yang ia kehendaki.
Malaikat diciptakan lebih dahulu daripada manusia. Malaikat tidak berjenis kelamin tidak makan, tidak minum, tidak tidur dan memiliki nafsu. Malaikat taat kepada perintah Allah. Malaikat tidak pernah durhaka dan tidak pernah menentang perintah Allah.
Firman Allah dalam surat At Tahrim ayat :6....yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang deperintahkan.(Q.S At Tahrim :6)
Iman kepada malaikat merupakan rukun iman yang kedua. Iman kepada Malaikat berarti menyakini bahwa Allah SWT telah menciptakan malaikat dan memberi tugas-tugas tertentu yang harus dikerjakannya.
Selain malaikat, Allah juga menciptakan mahluk gaib yang lain, yaitu jin, iblis dan setan. Jin diciptakan Allah dari api yang halus, sedangkan setan dari api yang kasar. Iblis merupakan jin yang kafir dan ingkar Kepada Allah. Jin yang beriman kepada Allah menjalankan ibadah sebagai mana manusia yang beriman dan taat kepada Allah. Sebaliknya iblis senantiasa mengingkari Allah sebagaimana manusia yang kafir tidak mempercayai adanya Allah.
Kita harus waspada dan selalu memohon perlindungan kepada Allah agar terhindar dari godaan setan. Tingkatkanlah ketakwaan kepada Allah dengan tekun dan disiplin melaksanakan shalat fardhu lima waktu. Berdoalah kepada Allah agar selalu dibimbing di jalan Allah.
Nama-nama dan tugas Malaikat
No
Nama Malaikat
Tugas Malaikat
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
Malaikat Jibril (Ruhul Qudus/Ruhul Amin)
Malaikat Mikail
Malaikat Israfil
Malaikat Izrail (malaikat maut/malaikat Zabaniyah)
Malaikat Rakib
Malaikat Atid (malaikat Rakib dan Atid disebut kiraman katibin)
Malaikat Munkar
Malaikat Nakir
Malaikat Malik
Malaikat ridwan
-menyampaikan wahyu kepada para nabi dan rasul
-membagi rizki kepada semua makhluk
-meniup sangkakala
-mencabut nyawa
-mencatat amal baik manusia
-mancatat amal buruk manusia
-untuk menanyai manusia di alam kubur
-menenyai manusia di alam kubur
-menjaga neraka
-menjaga surga
Share this post :
 
Support : Creating Website | bahrun grup | simponi
Copyright © 2011. Suara Muda Kebumen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by cs
Proudly powered by Blogger