Headlines News :
Home » , , » Anak Muda Cenderung 'Cuek' Soal Korupsi

Anak Muda Cenderung 'Cuek' Soal Korupsi

Written By Bahrun Ali Murtopo on October 6, 2013 | 10/06/2013

Dari survei integritas anak muda 2012, terungkap bahwa anak muda cenderung tak acuh mengadukan masalah korupsi. Meski demikian, menurut Koordinator Riset Transparency Internasional Indonesia (TII), Lia Toriana, di Jakarta, Kamis (2/5), perlu ada beberapa pembenahan yang dilakukan, khususnya dalam pendidikan. 

TII menilai, proteksi dan pelayanan antikorupsi terhadap anak muda perlu ditingkatkan. TII merekomendasikan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dan Menteri Agama (Menag) agar membenahi sistem pendidikan nasional. "Tujuannya, agar mampu membentuk anak muda yang berkarakter dan berintegritas melalui pengembangan bahan ajar dan menciptakan lingkungan pendidikan yang terbebas dari praktik korupsi," kata Lia.

Selain itu, Menteri Pemuda dan Olahraga juga diimbau untuk memastikan program-program pendidikan kewargaan dan antikorupsi bagi kaum muda berjalan. Selain itu, pemerintah dan orang tua diharapkan mampu menjadi contoh keteladanan dalam pemberantasan korupsi dan pembabatan perilaku-perilaku yang mengarah pada tindakan korupsi.

Menanggapi hasil jajak pendapat TII tersebut, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengatakan, saat ini sebagian besar orang tua tidak mempunyai bentuk yang jelas soal bentuk keluarga. "Pengennya anaknya soleh dan soleha. Dalam perkembangan anak hanya bersifat normatif dan diawang-awang," kata Bambang.

Akibatnya, kata dia, timbul pergeseran, di mana anak muda tidak lagi menjadikan rujukan pertama dari orang tua, melainkan dari sekitarnya dan lingkungan kesehariannya. Inilah yang membuata nilai-nilai integritas yang harusnya ditanamkan dari rumah tidak lagi dimiliki apalagi dipahami anak muda.
Sumber REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --
Reporter : Ira Sasmita
Redaktur : Dewi Mardiani

Share this post :
 
Support : Creating Website | bahrun grup | simponi
Copyright © 2011. Suara Muda Kebumen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by cs
Proudly powered by Blogger