Suara Muda
Headlines News :
Home » , , , , , , , » Menghemat Energi Listrik Sejak Usia Anak-anak

Menghemat Energi Listrik Sejak Usia Anak-anak

Written By Bahrun Ali Murtopo on June 19, 2013 | 6/19/2013

SuaraMuda-Dengan kemajuan zaman teknologi serba listrikan ini sekarang sedang trend lantaran biasanya ditimbulkan oleh alat-alat canggih yang notabene nya merupakan perangkat Hemat Listrik, dan berbagai promosi alat-alat permain anak-anak, perlengkapan dapur dan perlengkapan rumah tangga sudah  ber alaih ke tenaga listrik, apa lagi elektronik yang ber bunyi hemat listri. Hal ini belum tentu hemat bila pola hidup yang ada di rumah kita sendiri dan sekitarnya, belum menyadari pentingnya energy listrik untuk kehidupan sehari-hari.

Berapa ide gagasan yang kami lakukan bersama teman remaja desa kami, untuk menghemat listrik tampa menguranggi aktifitas sehari-harinya masyrakat desa maupu kota, yakni dengan gerakan Hemat Listrik tetapat untng buat nabung anak nantinya, yakni dengan menbuat polisi listrik untuk anak yang sudah ber umur 7 tahun ke atas dengan di bekali, bagaimana mematikan listrik yang baik dan benar kapan waktunya da mengenalkan jenis alat elektronik yang berlistrik untuk di kealkan tehnik dan cara mengmatikan dan meng hidupakan.

Kami berserta kawan-kawan remaja masjid melakukan ini telah melakukan surfai dari keluarga dan aktifitas anak-anak sehari-hari anak-anak melakukan apa dan bagaimana pola hidupnya, dari itulah ide muncul makah di bentuk menabung listrik dengan nama polisi listrik untuk anak, dan melatih anak disiplin, rajin, bernai dan tangung jawab,  tampa sadar anak terbentuk kedisiplin sendiri,

Energi Seving Listrik ini dilakukan oleh anak-anak setiap pagi, sore dan pengunaan alat elektronik yang mengunakan listrik, di control untuk di matikan dan di nyalakan sesui kebutuhan. Karena kebiasaan orang desa menbiarkan lampu tetap menyala tampa tepat waktu dan sering kali lupa nyala tampa berguna. Oleh karena, anak-anak lah yang bertangung jawab menajaga energy listrik yang terbuang sia-sia. Dengan cara menabung untuk anaknya agar mau melakukan menjadi polisi listrik.

Dengan cara kerjasama pembayaran listrik yang sudah di kelola oleh remaja desa yang biasanya karang taruna atau pemuda masjid, Dari sisah pembayaran listrik itulah, sisah pembayaran bulanan pertama di hitung bila sisah masuk tabungan untuk anak, yang menjadi polisi listrik sebagi penyemangat anak agara kelak bisa menmafaatkan listrik sebaik mukin kedepanya.

Cara Energy Seving Listrik karena sekarang ada model listir pulsa dan listrik bukan pulsa.

Bulan sebelumnya. Seumpama habis Rp. 50 bulan berikutnya habis Rp. 40 . dari sisah 50 ribu di tabung buat anak tersebut di bagian pembayaran listrik,  ini yang mengunakan listrik biasa. Bila mengunakan pulsa sama bila biasanya beli pulsa 50 ribu bulan berikutnya setelah anak menjadi polisi listrik. Habis pulsa 35 perbulan sisahnya di tabung kepada anaknya. Orang tua tetap kasih uang pulsa perbulan 50. 

Tridinamika Blog Kontes 2013
Berbagi Itu Asik: ( Info seputar Pesantren ):

Mau berbagi? Follow: @murtopo | Facebook | Grup Kebumen

Share this post :
 
Support : Creating Website | bahrun grup | simponi
Copyright © 2011. Suara Muda Kebumen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by cs
Proudly powered by Blogger