Suara Muda
Headlines News :
Home » , , » Ingat Warisan Leluhur Jas Merah Dan Cengkir

Ingat Warisan Leluhur Jas Merah Dan Cengkir

Written By Bahrun Ali Murtopo on February 15, 2013 | 2/15/2013

Kebumen
suara Muda Kebumen 
SuraMuda-Kehidupan adalah bersifat estafet. yang muda akan menggantikan yang tua, dan yang tua tinggal istirahat menyaksikan para generasi muda yang menggantikannya. di era modern sekarang banyak kawula muda yang  melupakan akan wasiat leluhurnya, sehingga mereka pincang dalam perjalanannya. kenakalan kawula muda merajalela, prestasi kawula muda menurun, mereka bingung menentukan masa depan. yang mereka andalkan  hanyalah orang tua, leluhur yang dapat dibanggakan. kalau seperti ini apa mungkin cukup sampai di sini perjuangan leluhur ? padahal kawula muda yang sejati adalah mereka yang dapat membuktikan kepada leluhurnya bahwasanya inilah kami kawula muda, bukan inilah leluhur kami.

Wahai kawula muda ingatlah wasiat leluhur kita hanyalah jas merah dan cengkir.tiga kata tersebut sangat simpel, tapi mengandung makna yang sangat dalam, yang tidak stiap orang dapat menyelaminya. perlu dikupas bahwasanya jas merah adalah sanepan dari " jangan lupakan sejarah " sedangkan cengkir adalah " kencenge pikir ", maksudnya adalah kita sebagai kawula muda adalah harus ingat pada sejarah, sehingga jika kita ingat pada sejarah, secara otomatis pikiran kita akan beraksi, nah dalam aksinya ini yang kuat, artinya kita gunakan pikiran dengan sungguh-sungguh, jangan hanya berpikir belaka.

 Dalam mengingat sejarah setidaknya adalah sejarah diri sendiri dan orang tua, siapakah saya ? apa sih saya ? dari mana saya ? harus bagaimana saya ? untuk apa saya ? dan kenapa sih saya ? ketika kawula muda dapat mengelupas tentang dirinya sampai sedetail itu, maka ada kemungkinan generasi muda sekarang sudah siap untuk diterjunkan ke dalam kehidupan yang sejati menuju pada kehidupan yang abadi.
( Nur Kholik, Mahasiswa Stainu Kebbumen )

Share this post :
 
Support : Creating Website | bahrun grup | simponi
Copyright © 2011. Suara Muda Kebumen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by cs
Proudly powered by Blogger